Friday, June 1, 2007

Melahirkan di RS Mana Ya?

Berikut ini sebagian referensi RS dan servicenya yang berhubungan dengan persalinan.
Maaf masih belum bisa mengcover semua RS dan semua service.
Kalo ada yang mo nambahin juga boleh. Imel ato YM saya yaa...
Makasih sebelumnya...

Oiya, kalo saya sendiri, kedua anak saya lahir di RSI 2 Jemursari.

*berhubung ada yang request soal harga, maka saya tambahkan yang saya hafal dulu :D
*catatan: data berikut ini dibuat tahun 2007


RS Islam 1 A. Yani
Jl. A. Yani 2, Surabaya
Tlp: (031) 828 4506, 828 4504

* Senam Hamil : No
* Senam Nifas : No
* Rooming In : Yes
* ASI eksklusif : Yes
* IMD : Yes & No. Konsultasikan dahulu dengan DSOGnya.
* Klinik Laktasi : Yes, tapi ada jadwal harinya. Telp dulu utk reservasi.


RS Islam 2 Jemursari
Jl. Jemursari 51-57, Surabaya
Tlp: (031) 847 1877, 847 1878

* Senam Hamil : Yes
* Senam Nifas : Yes
* Rooming in : Yes
* ASI eksklusif : Yes
note : bayi ASI eks, hanya diberi glukosa dengan sendok kalo belm disusui ibunya
* IMD : Yes & No. Yes terutama bila kelahiran normal dibantu bidan
note : Untuk kelahiran normal yang dibantu DSOG, konsultasi lebih dahulu dg DSOGnya. Untuk kelahiran ops, belum bisa karena selama di ruang pemulihan ibu tidak bisa dijenguk & ruang pemulihan jauh dari ruang bayi (beda lantai pula). Alasannya bayi gak bole keluar jauh2 dari ruang bayi. FYI ruang inap maksimal 10-15m dari ruang bayi.
* Klinik Laktasi : No, tapi bisa konsultasi ke bagian KIA (kesehatan ibu & anak, buka pagi jam 07.00-12.00)

Biaya
Kelahiran dibantu bidan (jgn khawatir tetep ada dokter SPOG yg bisa dipanggil sewaktu2 bila ada masalah & harus ops):
Kelas 1...3 jt
Kelas 2...2 jt
Kelas 3...1-1,7 jt

Dokter SPOG, persalinan normal:
Kelas 1...6-7 jt
Kelas 2...5 jt
Kelas 3...4 jt

Dokter SPOG, operasi caesar:
Kelas 1...15-18 jt
Kelas 2...13-15 jt
Kelas 3...7-9 jt

Ini harga ancer2 ya...Kalau kasus khusus, bisa beda hrgnya...

Sebagai bandingan...
Anak pertama saya lahir normal, tapi ada kasus infeksi keracunan ketuban sehingga harus seminggu di RS (termasuk saya, meski sudah boleh pulang saya mending di RS supaya gak putus ASInya), kelas 3, jatuhnya 4,6 jt.

Anak kedua, lahir operasi, kelas 2...gak ada masalah, jatuhnya 12 jt.


RS Putri
Jl. Arief Rahman Hakim 122, Surabaya
Tlp: (031) 599 9987

* Senam Hamil : Yes
* Rooming in : No
* ASI eksklusif : Yes, katanya lho (tapi tanpa rooming in mana bisaa??)
Kelas I & VIP : bayi diantar ke ruang ibu
Kelas II, III : ibu pergi ke ruang bayi
(FYI, ruang bayi di lantai dasar, ruang ibu di lante 2 & 3)
* Klinik Laktasi : No, tapi katanya bisa dikonsultasikan ke ruang bayi


RS Lombok Dua Dua
Jl. Lombok 22, Surabaya
Tlp: (031) 502 2044

* Rooming in : Yes
* ASI eksklusif : Yes
* Klinik Laktasi : No, tapi bisa konsultasi ke bidannya


RS Surabaya Internasional (Ramsay)
Jl. Nginden Intan Barat Blok B, Surabaya
Tlp: (031) 599 3211

* Senam Hamil : Yes
* Rooming In : Yes
* ASI eksklusif : Yes
* IMD : Yes
* Klinik Laktasi : No


*IMD (Inisiasi menyusu dini) = ELO = early latch on = menyusui bayi sesaat setelah lahir (dalam minimal 1 jam pertama)

28 comments:

otty's blog on everyday life... said...

mbak, makasih banget buat postingannya... bener2 membantu saya. emang sih kehamilan saya masih 6 minggu, tapi ini kehamilan pertama n saya jauh dari ortu n mertua, jadi info2 harus dicari sendiri. saya bener2 tertarik dengan asi eksklusif & imd (= elo ya?), jadi saya mau pilih rsb yang mendukung itu. kalo mbak melahirkan di putri, susah ga bolak balik ke kamar bayi (karena ga bisa rooming in) untuk menyusui? sorry kepanjangan, mungkin lebih enak via imel saya ya... makasih..

otty's blog on everyday life... said...

mbak, makasih banget buat postingannya... bener2 membantu saya. emang sih kehamilan saya masih 6 minggu, tapi ini kehamilan pertama n saya jauh dari ortu n mertua, jadi info2 harus dicari sendiri. saya bener2 tertarik dengan asi eksklusif & imd (= elo ya?), jadi saya mau pilih rsb yang mendukung itu. kalo mbak melahirkan di putri, susah ga bolak balik ke kamar bayi (karena ga bisa rooming in) untuk menyusui? sorry kepanjangan, mungkin lebih enak via imel saya ya... makasih..

Unknown said...

Iya IMD = ELO

Saya belum pernah lahiran di Putri mbak. Tapi temen2 yg disana, saya 'interview', dan memang ceritanya sama...ngga sayang ibu. Mendingan ngga usah di Putri klo saya sih.

Desain bangunan RS Putri aja udah ga sayang ibu mbak. Jadi ruang bayi ada di lantai dasar, sementara ruang inap ibu ada di lantai 2,3,4, tegrantung kelasnya. Klo kelasnya lebih bagus dan mahal, lebih deket alias dapet lantai yg nomer kecil.
Jadi lantai ruang inap 2 = kelas 1, VIP; 3 = klas 2; 4 = klas 3. Kira2 gitu mbak.
Rooming in, ASIX juga ngga akan dapet di Putri. Temen saya baru lahiran desember kemaren juga masi belum tuh. Mainnya masi tetep botol.

Semoga dapet RS yg cocok ya mbak.

otty's blog on everyday life... said...

kayanya ga jadi di putri deh, mendingan di lombok dua dua aja. bisa rooming in, asix, imd, n harganya masih lebih murah daripada putri. mudah2an dokter kandungan saya terdaftar di lombok dua dua, soalnya mereka ga nerima dokter yang ga terdaftar di sana n saya udah males ganti2 dokter. thanks lagi ya...

Unknown said...

semoga lancar ya mbak...

Anonymous said...

assalamualaikum mbak,

saya di Surabaya juga nih. Kemaren abis dari OBGYN, DR.Dr.HJ. Poedji Rochjati, Sp.OG (K)di RS Putri.

Saya belum hamil, tapi memang mendukung sekali IMD-ASIX. Jadi kaget banget waktu di SMS seorang teman yang tau kunjungan saya ke RS Putri, bahwa jika ingin IMD-ASIX maka sebaiknya jangan di Putri.

Saya percaya sama teman saya itu coz dia itu dokter umum yang praktisi ASIX > Pahlawan ASIX kalo saya nyebutnya coz dia ini concern bgt ama gerakan ASIX,

Saya merasa eman juga, soalnya dokter saya tuh lumayan enak, walo ga tau lagi deh gimana ntar kalo pas konsultasi kalo udah hamil (ini skearang masih program).

Kalo Lombok, saya baca di forum weddingku.com, ada beberapa komplain bahwa susternya kurang care sama baby. Tapi ya ga tau lagi deh.

Om saya kerja disana tapi dokter anak. Saya mo tanya-tanya ke beliau aja deh RS dan OBGYN mana yang support IMD-ASIX.

thanks for sharing mbak.
wassalam.

http://ndutyke.wordpress.com

Unknown said...

Ndutyke, saya ada beberapa temen yg pernah ke dokter mbak dan RS putri. Tapi kayaknya saya ga bisa sharing disini :)

Anonymous said...

assalamualaikum mbak,
saya lagi nih :)
beberapa bulan ga kemari ya?

hari ini saya baru aja dari OBGYN, dr Didi Darmahadi Dewanto SpOG Spesialis kandungan dan kebidanan RS Spesialis Husada Utama Surabaya.

He is a very GREAT doctor. sangat helpful, sangat informatif dan sabar. prakteknya juga gak nunggu lama. sebenarnya, pasca dari dokter Poedji di RS Putri, saya maunya ke RSB Sayang Ibu di Jalan Cimanuk.

Tapi td pagi ada emergency situation yg membuat saya harus ke obgyn as soon as possible. sedangkan Dokter di RSB Sayang Ibu (dr.Vita Maya dan dr.Maya), prakteknya baru malam.

Saya abortus spontan. Jadinya ya...gak jadi hamil deh, hehehe... padahal mestinya nih sudah 7 minggu usia kandungan saya.

buat yg ga masalah dokter laki/perempuan, dokter Didi ini bener-bener highly reccomended ya...

tapi saya kayaknya masih ragu apakah mau ke RSB Sayang Ibu yg support IMD ASIX atau ke Husada Utama. Tapi di Husada Utama ini saya blm tau apakah dia suport ASIX,IMD, Rooming in/gak.

RSB Sayang Ibu
Jl. Cimanuk 8, Telp (031) 5681170, 5675427
- dr. Maya Sri Kamaroekmi, SpOG
praktek: Senin, Rabu, Jum’at
- dr. Vita Maya, Sp OG
praktek: Selasa, Kamis, Sabtu.

Unknown said...

@ndutyke
sorry for your loss ya mbak :( semoga cepet ada gantinya...

anak ketiga saya sesar sama dr Maya mbak :D tapi saya di RS Darmonya. sebenernya di sayang ibu jg ga masalah kok. Darmo kan deket kalo sewaktu2 perlu rujukan. cuman klo ga salah waktu saya itu si RSB lagi di renov.

soal ASIX sama rooming in, menurut saya mayan berkaitan ya. kalo bisa rooming in, otomatis lebih besar kemungkinan ASIX dan bayi jg leih terpantau dari pemberian sufor. memang harusnya pemberian sufor itu atas seijin ayah/ibu bayi. tapi kadang RS suka ngeles, bayi keburu laper, ibu masi tidur, ibu masi cape, blabla, yg melegitimasi pemberian sufor tanpa ijin.

rooming in, saya pikir2, dibikin bandel aja :D
pertama emang coba ditanya baik2 apakah bayi boleh menginap bareng ibu? di Putri saklek banget ga boleh. bayi harus di kamar bayi. nah, kalo RS bilang boleh, tinggal pelaksanaannya ntar.
saya kemaren di Darmo, sekali bayi dianter ke kamar, saya ga bolehin diambil lagi :D bahkan saya taruh di kasur. bedding in..hihihi.
dan diliat2 bayi cenderung lebih anteng sih kalo minimal sekamar sama ibu. ngga sampe kejer gitu nangisnya kek di kamar bayi.

ditunggu kabar baiknya ya mbak :)

Unknown said...

assalamulaikum...
saya lagi hamil 5 bulan lebih. thanx bgt infonya. coz lagi bingung juga mau ngelahirin dmn... biasa periksa di pusura, tapi dokternya klo melahirkan pake di RSI, lombok, ato putri. denger info mba, kayaknya mau cenderung ke RSI aja dech...
tapi ada keluhan gak selama di RSI (terutama yg baru)? coz kayaknya kok masih sepi gitu ya RSnya.
thanx

Unknown said...

putri, RSI 2 udah rame kok. tapi emang ngga serame dr sutomo misalnya. sepi malah enak untuk melahirkan soalnya tenang, ngga berisik.
soal keluhan sih dulu kurang pro-ASI ya. tapi sekarang kalo ga salah malah udah ada konselor laktasinya deh.

semoga semua lancar sampai melahirkan yaa.

perdana said...

ada yang tau gak klo melahirkan di RSB Sayang IBU yg di Jl CImanuk itu gimana pelayanannya????

Unknown said...

saya sendiri blm pernah punya pengalaman disitu selain pake dokternya aja.
mungkin moms yg lain bisa sharing?

ummu nada said...

hai mba.. aku dulu tahun 2009 melahirkan di rs sayang ibu cimanuk. kalo pas lairannya sih enak. kebetulan pas aku kesana udah bukaan 2, jadi langsung ngamar deh. yang jadi ga sreg ya pas babynya dah keluar itu. IMD bisa, rooming in ga bisa. waktu itu karena bayiku rada kuning n ASI belum keluar, suster nawarin mo dikasih glukosa apa sufor. ya terpaksa deh anakku beberapa kali sempat minum sufor. alhamdulillah besoknya asi dah keluar jadi bisa mimik asi.
untuk lairan april depan kayaknya aku mo cari rekomendasi lain deh yang lebih pro asi. kata temen2 sih ke rsi jemursari aja. insyaallah bulan depan aku mo coba periksa kesana..

Royal Molek said...

Saya rencana lahiran di RSB Putri surabaya. Kemarin sudah lihat kamar kelas 1. Perkiraan harga SC 28jt. 2 tahun yang lalu saya lahiran di hermina tangerang, SC sekitar 16jt. kelas 1 juga. walaupun agak beda fasilitasnya. ntar klu saya lahiran saya update comment nya.

Buam Jundii
http://piknikkeluarga.blogspot.com

Unknown said...

setau saya utk kelas surabaya, 28jt mbak bisa dpt yg jauh lebih bagus dr RS Putri.
Selain itu sampai hari ini sy belum dapet info bahwa RSB ini pro ASI, IMD, dan rooming-in.
Kalo memang mbak ngga prioritas ke ASI sih mungkin ga masalah ya.
1.5th lalu saya masih harus berantem sama suster2nya utk ambil hak ASI keponakan saya. Saya pribadi tidak akan merekomendasikan RS ini utk lahiran.

Ellen said...

Mbak mau tlng tny, selama ini saya dipegang dokter yang ternyata prakteknya hanya di RS Putri, apa bisa ya kira" minta dokter tersebut untuk membantu persalinan saya di rumah sakit lain yg saya pilih?
kira - kira biaya persalinan di RS Putri berapa ya? Ada yang tau tidak kalo di RS Adi Husada dan Siloam berapa? makasih banyak sebelumnya =D

Ellen said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Royal Molek said...

Tq mbak. Akhirnya sy di rsb lombok22. Kelas 1 penuh.terpaksa vip. Rs nya agak kecil.penataan ruangan agak kurang dibandingkan rs hermina jkt.kelas vip di lt2. Ruang bayi dilantai 1. Jadi bayi klu mo ke lt2 hrs keluar ruangan melewati ruangan terbuka dulu. Yg berarti ada perbedaan suhu. Memang sih rsb nya tdk spt bangunan gedung. Jadinya spt itu deh. Disini sy IMD walau cesar,dibantu ama suster. Fasilitas kamar hrsnya ada tv kabel, tp kenyataannya ga ada.kt teknisinya krn blm bayar langganan
.
http://piknikkeluarga.blogspot.com

Royal Molek said...

tq mbak.akhirnya tgl 16feb sy lahiran di rsb lombok22 kamar kelas vip. nginap 4hr total 25jt(SC).pelayanan suster n makanan masih dibawah rs hermina jkt. tp yah sudahlah.yg sgt kurang sreg adalah ruang bayi yg sempit. dan tata ruang yg semrawut. klas vip di lt2.ruang bayi lt1. klu bayi mo ke lt2,maka bayi hrs keluar ruangannya(ac) mnuju lorong(non ac) dan naik lift(non ac) lalu ke kamar ibu. kasihan si bayi melewati perbedaan suhu. trus, tdk ada sinar mtahari di r.ibu dan r.bayi. jadi selama disana bayi sy ga pernah dijemur. kata susternya gpp. jd bingung. susternya juga kurang ramhh. tapi knapa byk yg recomend kesana yah.apa krn dokternya yg ok.emang sih,dokternya ok punya

Ovie said...

Assalamualaikum, mbak2...

Infonya keren banget.
Saya sedang survey RS untuk melahirkan. Kebetulan rumah saya di daerah Rungkut. Sementara ini saya dan suami lagi prefer untuk di Ramsay. Tapi masih mau survey2 ke RS yang lain juga. Kebetulan dokter kandungan saya Dr Didi yang di Husada Utama, dokternya memang cukup informatif dan kooperatif.
Pada waktu itu, saya tanya apakah bisa saya melahirkan normal. Beliau menjawab blum bisa memastikan apakah di akhir waktu akan melahirkan kondisi bisa memungkinkan normal atau ada perubahan yang mengharuskan sectio.
Dari informasi yang saya dapet dari berbagai sumber, saat ini katanya lagi banyak isu muncul dokter lebih memilih "jalan pintas" dengan sectio...
Kalau mbak2 ada info dokter yang pro normal, kira2 dimana ya? Klo dokter Didi yang husada utama pro normal ga ya?

Thanks for the info ^_^
Wassalamualaikum, Ovi

Unknown said...

hadeuh, ternyata komen banyak yg ngendon di moderated..maap yaa..
coba jawabin satu2 deh.

@ummu nada,
makasi sharingnya yaa...
iya kabarnya RSB tsb memang belum terlalu sayang ibu klo soal ASIX + rooming in.

@Ellen,
untuk paket2 persalinan, enakan ditelponin satu2 aja. coba tanya no telp RS ybs via 108 atau yellow pages.
soal dokter, udah tanya dokternya bisa bantu dimana aja? biasanya dokter punya aksses ke 3 RS, dan kadang bsia visite ke RS lain di luar 3 RS tsb.

@royal molek,
kalo saya sih ngga rekomen :p
lombok 22 termasuk yg masih belum sayang ibu. beberapa temen jg ga terlalu rekomen disitu klo memang concern sama ASIX + IMD + rooming-in.

Unknown said...

@ovie
ngga salah juga sih klo musti lihat gimana perkembangannya dulu. soalnya kehamilan + persalinan faktor x-nya banyak dan bisa dadakan.
kayak sungsang misalnya, bisa aja 39mg posisi baik2 aja, tapi tau2 pas bukaan jadi muter dan sungsang/melintang.

terus terang agak susah kalo cari 'dokter yg pro-normal'. lebih gampang cari bidan utk itu.

saran saya sih paling ya, cari RS yg punya fasilitas melahirkan dibantu bidan. jadi mbak nanti pilih lahiran sm bidan dulu, tapi in case ada masalah, rujukan/proses manggil dokter obgynnya ga lama. ga pake pindah2 RS lagi.

cuma satu tempat yg saya rekomen untuk yg bener2 niat lahiran normal ala gentle birth, di Bumi Sehat Bali.

Unknown said...

mb kirana mw nanya donk, klo di RS. Husada Utama apa pro asi n bsa room in ya? trus kisaran biaya utk normal/SC brp ya di HU?

anggun darwin said...

assalamualaikum ibu ibu

saya mau nanya, obgyn yg bgus untuk "program hamil" dimana ya?
saya sudah satu setengah tahun menikah, tapi belum hamil,sebelum nya pernah ke obgyn yg di jemur sari, tapi kok dokternya gak enak ya,kita gak bisa banyak tanya gitu, terahir saya kesana, suami nanya, dan dijawab ketus bgt, jadi males saya kesana,
terimakasih jawabannya ibu ibu :)

Unknown said...

Nice info um, saya skrg lg hamil 5bln, rencana memang pengen lahiran disana. secara lokasi jg deket sm rumah hehehe....apalagi sekarang dah dpt info dr ummu klo ternyata bisa ELO, rooming in sm pro ASI, mantap deh!thx um^_^

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

@anggun darwin
Moga2 blm telat ya responnya. setau saya utk kasus fertilitas di sby yg terkenal dr. Aucky di Siloam.

@zuhrina,
semoga lancar, sehat, slamet semua ya jeng