Tuesday, December 14, 2004

Kelahiran Darris

Sebetulnya cerita ini satu paket sama arsip hamil Darris di blog yang satunya. Mulai post ini sampai post ini.

Tapi biar bacanya gak kudu lari-lari kesana kemari *sok teu, sapa juga yang sambil lari-lari, orang kita duduk manis sambil nyamil gini kok...:D*, maka saya posting ulang disini. Toh masih berhubungan kan.

Bakalan puannjaaannggg loh...All 40 hours of labour....
Oiyah, gaya bahasanya akan beda dikit, karena awalnya saya nulis ini sebagai

Kite mulai yuuuukkkk...

Tanggal 11 Desember...
Hari pertama di RS Pura

Paginya Mommy udah engga tahan, terus pergi ke Pura lagi. Sampai di Pura jam 05.00, Mommy langsung diperiksa, terus dibilang bukaan 2 dan disuruh tinggal. Kebetulan travel Ayah juga sudah masuk Surabaya, jadi Mommy suruh Ayah turun di Pura aja. Jam 08.00 dokternya datang ngecek Mommy. Kata dokter bukaannya masih tetep 2, dan ad kecil masih kurang turun. Dokternya kelihatan bingung. Mommy bilang biar Mommy pake jalan-jalan deh, supaya ad kecil cepat turun. Dokternya cuma manggut-manggut. Tapi Mommy senang karena waktu untuk ketemu ad kecil makin dekat. Karena hati Mommy senang, makanan RS Mommy makan semua biar kuat kalo harus ngeden bantu ad kecil keluar. Habis itu Ayah pulang ke Tenggilis soalnya harus taruh tas sama ambil rebusan rumput fatimah buat Bantu ad kecil cepat keluar. Eh, pas ayah belum balik, Uti sama Kakung datang. Mommy kan jadi ngga enak. Kelihatannya ayah engga nungguin Mommy gitu.

Sorenya jam 2an, Mommy diperiksa lagi. Katanya bukaan sudah 3. Wahh, tambah dekat lagi deh ketemu ad kecil! Sayangnya habis itu Mommy dikasih tau kabar buruk.. Ayah ditelepon dokternya. Dokter bilang Mommy harus operasi biar ad kecil keluar. Kata dokter jalannya bukaan kelamaan dan kepala ad kecil masih jauh dari pintu lahir. Dokternya engga berani kasih obat induksi karena kepala ad kecil yang kejauhan itu. Konyolnya lagi kata dokter Ayah harus segera putuskan dalam waktu 15 menit sebelum tim dokter yang barusan melaksanakan operasi jam 13.30 pulang. Ayah jadi bingung & khawatir. Kalo Mommy jadi bingung, sebal, jengkel, dan kecewa sama dokternya. Mommy ngga merasa kenapa-kenapa kok. Kok rasanya buru-buru sekali masih bukaan 3 sudah harus operasi. Apalagi semalam waktu control dokter bilangnya ad kecil udah turun, kok sekarang bilangnya masih jauh. Yang bener yang mana dong? Mommy memang pengen segera ketemu ad kecil. Pengen sekali.. Tapi bukan gini caranya. Mommy bilang Ayah supaya minta tunda sampai besok ke dokternya. Dokternya setuju. Tapi suasananya sudah jadi aneh. Ayah dan Mommy jadi kurang percaya sama dokter dan RSnya.

Setelah itu Ayah dan Mommy telpon kesana kemari minta pendapat gimana baiknya. Ibu Bapak dan Uti Kakung ngga setuju kalo harus operasi. Bahkan Kakung sampai bela-belain balik lagi ke RS soalnya pengen lihat kondisi Mommy. Dikiranya Mommy sudah lemas, kecapekan, atau sakit makanya dokternya suruh Mommy operasi. Pas lihat Mommy Kakung jadi heran, orang Mommy sehat-sehat aja kok. Kata Kakung, ini sih ad kecilnya yang belum pengen ketemu Mommy. Betul gitu ya? 

Ibu juga tanya sama temannya yang juga dokter kandungan. Katanya juga belum perlu operasi. Selama kondisi Mommy masih baik-baik aja, mendingan ad kecil ditunggu aja. Bapak juga telpon ayah teman kantornya yang juga dokter kandungan. Sayangnya dokter yang ini kelihatannya agak sungkan sama dokternya Mommy makanya jawabannya setengah-setengah. Lagian dia ngga lihat sendiri kondisi Mommy gimana. Ayah juga telpon bude Umul. Bude Umul nawarin Ayah untuk mindahin Mommy ke rumah sakit lain. Tapi Mommy masih mau nunggu ad kecil di RS itu. Hari itu Mommy jalan-jalan kesana kemari sampai bosan.

Tanggal 12 Desember...
The big day di RSI 2

Karena ad kecil masih belum mau keluar, Mommy yang selama itu di kamar bersalin disuruh masuk kamar inap. Malamnya punggung Mommy sakit sekali, Mommy sampai menggigil dan ga bisa bobo. Mana AC kamarnya engga ada remotenya lagi, gimana mo ngecilin coba. Ayah sampai khawatir lihat Mommy menggigil gitu. Terus jam 2an Ayah antar Mommy ke ruang bersalin lagi biar diperiksa lagi. Setelah diperiksa, suster bilang kalo sudah bukaan 5. Mommy juga tanya apa ad kecil udah lebih turun. Kata susternya udah lebih bagus daripada sebelumnya. Mommy jadi lega. Kalo gini kan berarti ada kemajuan. Kalo ada kemajuan kan Mommy gak perlu sampai operasi.

Paginya jam 9an, Mommy diperiksa lagi. Masih tetep bukaan 5. Susternya meriksanya engga enak deh, kasar dan kayak engga serius. Si suster terus lapor ke dokternya lewat telpon. Mommy bisa dengar apa yang diomongin. Susternya kayaknya juga ngojok-ngojokin supaya Mommy dioperasi aja. Ayah disuruh ngomong sama dokter lagi. Ayah diancam sama dokternya, kalo engga mau operasi, ad kecil bisa mati di dalam perut. Mommy jadi tambah mangkel dan stress. Memangnya dokter itu apanya Allah. Yang menentukan hidup dan matinya manusia kan cuma Allah.

Terus Mommy sama Ayah minta waktu buat rundingan lagi. Pas rundingan itu Mommy cerita sama ayah kalo susternya meriksanya engga enak. Mommy sama Ayah juga heran, sakitnya tambah parah tapi kok bukaannya engga nambah. Karena ngerasa si suster meriksa engga niat, Ayah akhirnya nantangin dokter supaya meriksa sendiri. Dokter nyanggupin datang jam 13.00 sekalian operasi kalo memang ad kecil belum lahir. Habis itu Mommy telpon Bapak sama Ibu supaya dateng ketemu dokternya. Siapa tau kalo ngomong sama orang yang sama tuanya jadi lebih jelas kenapa kok harus operasi.

Mommy jadi kepikiran. Mommy stress. Mommy jadi malas makan pagi dan siang hari itu, cuma segelas susu yang Mommy usahain tetap masuk. Biar ada sedikit tenaga buat bantu ad kecil keluar nanti. Kurang sih, tapi nafsu makan Mommy bener-bener drop. Kakung jenguk Mommy lagi. Kasian Kakung ikut bingung lihat ad kecil masih malas keluar. Mommy sih sabar aja, cuma ya itu dokternya yang bikin Mommy stress. Tau-tau pas Mommy lagi istirahat, susternya datang, bilang kalo dokternya udah datang. Pas itu Mommy lagi kontraksi, jadi engga bisa gerak. Tapi susternya maksa-maksa supaya Mommy cepetan. Mommy pengen pipis dulu aja engga boleh, katanya pipisnya nanti di ruang bersalin. Ya udah Mommy ngalah. Sampai di ruang bersalin Mommy ternyata engga bisa pipis dulu soalnya langsung diperiksa (susternya bohong, lihat aja nanti balasannya dari Allah. Bisa-bisa dia ngalamin hal yang sama, atau lebih parah..). Betulan, pas diperiksa, dokternya kesulitan soalnya kandung kemih Mommy penuh. Mommy langsung dikateter, dikasih selang supaya pipisnya cepat keluar. Sakit deh rasanya, soalnya dokternya kesusu-susu dan kasar. Kalo Mommy lihat sepertinya si dokter ada acara soalnya pake baju batik, tapi engga tau itu mau berangkat atau udah pulang. Tapi kan tetep aja kalo jadi dokter engga boleh bersikap begitu. Pasien harus nomor satu. Kalo ada kesibukan lain ya nanti dulu, atau panggil aja dokter lain buat mewakili. Yang namanya pasien kan pasti badannya atau fisiknya sakit. Jadi pikirannya atau batinnya jangan tambah disakiti. Lihat aja balasannya dari Allah juga.

Allah itu Maha Adil, ad. Kalau kita berbuat pasti ada balasannya, baik itu perbuatan baik, atau perbuatan buruk. Memang kadang kita engga sadar udah berbuat jelek sama orang lain. Nah, pas kita ngalami hal yang buruk, kita harus sadar bahwa mungkin itu balasan dari apa yan gkita lakukan terhadap orang lain. Mommy juga sadar bahwa mungkin Mommy mengalami ini sebagai peringatan dari Allah atas apa yang pernah Mommy lakukan sama orang lain, baik Mommy sadari maupun engga.

Setelah diperiksa dokter, dokternya bilang masih bukaan 5. Dokternya suruh operasi. Mommy tanya, kenapa engga bisa ditunggu lagi sih. Kata dokter ad kecil udah lewat bulan, padahal kan masih dalam minggu ke-40. Dimana-mana Mommy baca kalo hamil itu sampai 40 minggu masih dalam batas normal. Baru kalo lewat minggu ke 42, perlu dilakukan tindakan. Itu juga dikasih obat induksi dulu, engga langsung main operasi aja. Dokter juga bilang kalo menurut teori, kalo persalinan udah mulai (udah mulai bukaan) maka harus diakhiri dalam 24 jam. Mommy baca dimana-mana juga engga pernah ada teori kayak gitu. Udah gitu pas Mommy tanya sebetulnya penyebabnya apa kok sampai gini, dokternya jawabnya engga jelas. Katanya sebabnya bisa macam-macam, tali pusat kependekan (lho, kan placenta ada dibawah, ga mungkin dong kependekan), kebelit tali pusat, terus apalagi gitu, Mommy lupa. Jadi dokter engga punya alasan yang jelas gitu. Makanya Mommy tetep keukeuh ga mau operasi. Tapi tetep ada rasa khawatir jangan-jangan bener kata si dokter. Makanya Mommy selalu bicara sama ad kecil supaya kuat, supaya tetap bertahan. Ad kecil ingat kan? Mommy yakin ad kecil dengar…

Karena Mommy tetep gak mau operasi, dokter buatin surat pernyataan. Isinya si dokter sama RS Pura engga mau tanggungjawab kalo sampai Mommy dan atau ad kecil sampai kenapa-kenapa, soalnya engga mau dioperasi. Habis itu dokternya langsung pergi. Bapak sama Ibu belum datang tuh waktu itu. Kan belum jam 13.00. Pas Bapak sama Ibu datang, dokternya udah pergi. Ayah, Mommy, sama Bapak Ibu rundingan lagi. Bapak sepertinya lebih percaya sama dokternya, soalnya si dokter yang ditelpon itu ngomongnya gitu juga. Sementara Ibu cenderung engga setuju, soalnya temennya bilang selama ketuban belum pecah, masih bisa ditunggu. Kadang memang bisa berhari-hari katanya. Tapi Bapak sama Ibu tetep nyerahin keputusan sama Ayah dan Mommy. Sementara Ayah sendiri nyerahin ke Mommy karena Mommylah yang paling bisa ngerasain.

Mommy memutuskan untuk keluar dari RS itu. Buat apa tetep disitu kalo mereka udah lepas tanggungjawab sama kita. Tapi sebelum itu, Mommy harus pastikan dapat RS dan dokter lain. Sudah bukaan 5 masa mau pulang. Kalo sampai lahir di rumah kan lebih ribet lagi. Ya kan? Mommy coba telpon Tante Ervin yang instruktur senam, tanya apa bisa Mommy masuk RSI 2 dadakan. Juga tanya referensi dokter yang mau terima Mommy dengan kondisi yang setengah jalan. Tante Ervin kasih saran Mommy untuk telpon dokternya dia dulu, namanya dokter Indy. Mommy telpon dokternya dan jelasin kondisi Mommy. Alhamdulillah dokternya engga ribet. Dia malah bilang “ayo sekarang saya periksa di RSI”. Lho, Mommy jadi bingung soalnya kan masih di RS Pura. Setelah ada keputusan, Ayah cepat-cepat ngurus keluar dari RS itu. Ayah juga sempat sholat istikharah biar dikasih jalan dan dikasih ketetapan hati sama Allah.

Jam 14 lebih Mommy pergi dari RS Pura. Mommy masih bisa jalan keluar dari RS. Mommy juga heran kok bisa udah bukaan 5 masih bisa jalan. Mungkin karena Mommy udah kadung jengkel disana, jadi pengen cepet-cepet pergi. Jam 14.30an sampai di RSI 2. Mommy masih sempat jalan kira-kira 15 meter, terus kontraksi datang lagi. Kali ini Mommy gak kuat jalan. Untung ada pak satpam yang udah mau pulang sebenernya, masih sempat ambilin kursi roda buat Mommy dan antar Mommy sampai ke depan pintu ruang bersalin. Semoga Allah membalas perbuatan baiknya. Semoga dimudahkan hidupnya sebagaimana dia sudah memudahkan kita waktu itu ya ad.

Masuk ke ruang bersalin, entah kenapa hati Mommy berubah jadi tenang. Apalagi dibantu suster-susternya yang baik-baik. Baju Mommy langsung diganti dengan baju RS, terus Mommy diperiksa. Ternyata bukaan sudah 6-7 lho. Wah, kok bisa ya? Padahal tadi di RS Pura kok 5 melulu. Mommy jadi heran. Habis itu Mommy dikasih alat yang bisa rekam jantung ad kecil. Wah, jantung ad kuat deh. Bunyinya keras geruduk-geruduk kayak suara tapak kaki kuda lari. Alhamdulillah hasil rekam jantungnya bagus dan stabil. Itu baru anak Ayah, ya nggak?

Terus ada yang lapor kalo Mommy belum makan pagi dan siang. Mommy lupa siapa yang bilang, Ibu, atau Mommy sendiri yang bilang sama susternya ya? Yah pokoknya gitu deh. Jadi terus susternya cariin makan buat Mommy. Tapi karena jam makan siang dah lewat, jadi Mommy cuma dapet teh manis. Lumayan... Tapi itu juga agak susah masuknya, soalnya waktu itu kontraksinya dah mulai kencang banget. Jadi mo ngapa-ngapain dah agak susah.

Kurang dari sejam kemudian dokternya datang. Wah, dokternya engga tampang dokter..hihihi.. Tapi kita kan engga boleh lihat tampang doang. Ingat kan ad, ‘Don’t judge the book by its cover’. Dokternya ngecek semua. Termasuk luas panggul Mommy (kalau panggulnya luas atau lebar, berarti bayi lebih gampang keluarnya). Kata dokter panggul Mommy cukup luas kok, Insya Allah Mommy bisa melahirkan normal. Terus karena Mommy belum makan, dokternya nawarin untuk diinfus aja, biar ada makanan yang cepat masuk. Selain itu dokternya bilang kalau ad kecil bakalan diinduksi, biar bantu cepat keluar. Nah induksinya itu sekalian dilewatin infus. Mommy dah gak peduli, pokoknya iya aja. Jadi akhirnya Mommy dipasangin infus di tangan kiri. Waktu itu dokter juga bilang, ‘Wah, gimana ini kok engga makan seharian, nanti engga kuat ngedennya’. Hmm, Mommy jadi agak nggak terima. Dalam hati Mommy janji, pokoknya makan gak makan Mommy tetep harus bisa ngeden bantu ad kecil keluar.

Wah, seumur hidup Mommy belum pernah pake infus. Ternyata lumayan sakit juga. Apalagi tangannya engga boleh gerak-gerak. Eh, ad kecil, kalo ayah pernah beberapa kali lho diinfus. Soalnya ayah pernah sakit demam berdarah (harus nginap di RS 8 hari lho!), sama operasi usus buntu. Oya, Mommy sempat tanya sama suster dan dokter, kira-kira ad kecil besarnya seberapa? Suster yang namanya Wiwid ngukur perut Mommy, terus katanya kira-kira 3,3 kg lebih. Sementara dokter memperkirakan 3,5 kiloan. Hihihi.. ternyata meleset semua ya ad...

Kira-kira jam 17.00an, Dokternya tau-tau masuk lagi. Terus ketuban (itu lho, bola isi air yang selama ini melindungi ad kecil) dipecah untuk bantu ad kecil biar gampang keluarnya. Wah, airnya banyak sekali lho. Mommy sampai takut ad kecil kekurangan air di dalam sana. Mommy sempat tanya sama suster, gimana warna airnya (soalnya kalo kental dan keruh itu engga baik buat bayi, dan bayi harus bisa cepat-cepat lahir. Kan makannya lewat air itu, kalo airnya kotor, bayinya bisa sakit). Kata suster udah mulai hijau warnanya, tapi engga kental dan masih lumayan jernih. Wah, itu pasti karena ad kecil dah pup di dalam, jadi airnya agak kotor.

Waktu itu kontraksinya selain dah kencang juga udah beda, ad. Kalo sebelumnya bikin perut tegang dan punggung Mommy sakit, sekarang juga ditambah ada rasa pengen ngeden kayak mau pup gitu. Susternya sering ngingatin Mommy supaya nahan ngedennya. Soalnya belum waktunya dan bisa bikin Mommy kehabisan tenaga. Tapi susah nahannya, ad. Soalnya pas kontraksi rasa pengen ngedennya refleks, kayak ketarik perut gitu. Mommy jadi engga sabar. Sebentar-sebentar Mommy panggil susternya supaya periksa Mommy. Soalnya kalo bukaan dah penuh kan Mommy jadi boleh ngeden. Tapi rupanya Mommy masih harus sabar sebentar lagi. Soalnya meski bukaan sudah penuh, masih ada yang kurang sedikit kata susternya. Wah, Mommy berdoa terus tuh. Doa apa aja dibaca. Bukan Mommy aja sih, semua yang ada disitu juga bantu doa.

Rasanya lama banget sampai akhirnya ad kecil siap lahir. Tapi waktunya akhirnya datang juga. Susternya habis meriksa terus panggil dokternya. Pas dokternya datang, semua siap-siap, terus mulai deh prosesnya. Selama itu ayah ada di samping Mommy. Hmmm, ayah yang baik ya? Tapi sebetulnya ayah sendiri juga penasaran. Untung ayah engga pingsan lihat banyak darah.. hehehe.. Pokoknya ayah hebat deh!!

Karena udah boleh ngeden, Mommy jadi langsung ngeden tanpa perhitungan... hehehe.. Terang aja ad engga bisa keluar. Soalnya ngedennya kan mesti bareng pas kontraksinya juga lagi penuh. Mommy sempat coba dua kali. Gagal. Mommy tau ini engga boleh terlalu lama, soalnya engga cuma Mommy yang bakal kecapekan, tapi ad juga. Bisa bahaya kan. Karena itu untuk yang ketiga kalinya, Mommy janji engga bakal berhenti ngeden sampe ad kecil bisa keluar. Hmm, waktu itu ad dibantu didorong dari luar sama suster Wiwid. Wahh, betul-betul susah ternyata. Alhamdulillah berkat bantuan doa semua orang, ad kecil akhirnya muncul juga. Pas jam 20.09.

Nongol-nongol langsung nangis keras banget. Mommy jadi legaaaaaaaa sekali. Plong banget rasanya. Hilang deh semua kekhawatiran Mommy dua hari ini. Sejak disuruh operasi, Mommy khawatir banget sama ad. Pas kepala ad udah keluar, bagian badan lainnya langsung ditarik sama dokternya. Dengan cekatan tali pusat langsung dipotong, terus ad dibawa keluar untuk dibersihkan. Ayah juga disuruh ikut keluar, kan mesti ngadzanin ad kecil. Sementara itu Mommy dijahit, diganti baju sama dokter dan susternya. Semua dibersihkan. Terus Mommy tetep disitu sampai jam 22.30. Setelah itu baru pindah ke kamar tempat nginapnya.

Mommy cuma sempat lihat ad kecil sekilas aja. Mommy pikir ad bakal dibalikin dikasih lihat ke Mommy, ternyata ditunggu-tunggu engga datang-datang. Ternyata ad kecil langsung dimasukkan inkubator supaya engga kaget sama suhu luar yang beda sama di dalam perut. Mommy sempat tanya-tanya sama suster-suster yang sliwar-sliwer, berapa berat dan panjang ad kecil. Tapi rupanya pada belum tau. Sampai akhirnya ada yang nyeletuk kalo berat ad kecil 4 kg! Wah, Mommy betul-betul kaget lho! Bayi baru lahir kok udah 4 kg. Padahal tadi waktu keluar Mommy sempat lihat sekilas, ad engga gede-gede amat kok. Mommy pikir-pikir, alhamdulillah Mommy ga tau kalo ad kecil begitu besar. Coba kalo tau, pasti Mommy ga usah disuruh malah minta operasi aja. Habis takut siihh!

Setelah dibersihkan semua, Mommy ditinggal sendiri di ruang bersalin. Soalnya masih harus dikontrol, mungkin ada yg belum beres. Daripada nganggur, Mommy telpon Tante Heni. Mommy duluin telpon dia soalnya sorenya dia sempat sms, katanya perutnya juga mulai sakit. Sepertinya ad kecilnya tante juga mau segera lahir. Nah, Mommy kan khawatir kalo tante Heni di RS yang satunya itu, nanti engga enak seperti Mommy. Tapi tadi pas pindahan Mommy ga mau cerita, soalnya takut tante Heninya jadi khawatir. Makanya setelah semua beres, baru Mommy telpon dan ceritain semuanya. Wah, tante Heni kaget lho! (Besoknya pas sakit perutnya tambah parah, tante Heni nyusul deh sore-sore ke RSI 2. Tapi karena kepala ad kecilnya tante cukup besar, tante jadi harus operasi. Ad kecilnya yang dikasih nama M. Faris Jihadi lahir tanggal 14 Desember 2004 jam 03.30. Hmm, belum-belum ad kecil sudah punya teman satu nih!)

No comments: