Wednesday, August 3, 2016

Persatuan Pembantu

Satu dari sekian kegalauan utama mamah-mamah jaman sekarang, apalagi mamah bekerja, pastinya soal pembantu alias ART. Mulai yang drama nggak balik pasca lebaran (lalu ternyata kerja di ibu-ibu gang seberang), mainan HP melulu, menguasai TV (genre sinetron dan Uttaran tentunya) sampai agan dan anak agan nggak kebagian siaran, pacaran (lalu hamil!) sama tukang sebelah rumah (yang kelar proyek hilang entah kemana), bajunya seksi melulu, kerjaan nggak ada yang beres, bolot (!), sampai yang tukang nyuri printilan (baju dalam pun!) dan nyulik anak *amitamit,toktoktok*.

Nggak mungkin, lah, ya kita bahas semuanya disini. Bersambung 1500 episode macem Uttaran ntar (nggak, gue nggak pernah nonton satu episode pun! *sikap*). Sekarang kita ngomongin PBB aja, istilah emak gue, persatuan babu-babu. 

Oh, bukan, bukan sekedar perkumpulan saat mereka ngangon anak agan sore-sore di taman kompleks. Bukan juga yang ngumpul ketemuan pas nungguin anak agan sekolah. Ini bener-bener kayak organisasi yang saling share info-info agan terhits saat ini.

Iyes mamah, nggak cuma Pokemon yang punya data kita. Pokemon mah cuma nyimpen data koordinat lokasi sama (kadang) foto tempat kita nangkep kalo kitanya iseng motoin ato videoin (makanya matiin aja ARnya. Ituh, tombol yang pojok kanan atas. Bikin lebih gampang juga nangkep Pokemonnya, mam :D). Sementara ART punya data lebih spesifik: rumah yang pagernya coklat mulai ngeletek, depannya rumah yang ada spanduk DIJUAL, dari pos satpam ke kanan, dst.

Nggak cuma itu, data mereka sampai ke: adanya alat rumah tangga apa, baru ato jadul, sering rusak apa masih oke dipakai, air lancar ato nggak, berapa anak, umur berapa, kelas berapa, sekolah dimana, bu agan pak agan kerja dimana (dari logo seragam sekolah/kerja), kebiasaan belanja termasuk merek-merek favorit (user based generated content Google ama Facebook kalah, dah), sampai ke bawel dan pelitnya bu agan, mereka share ke member perkumpulan.

Apalagi kalo ARTnya tipe pulang pergi, yang sehari bisa pegang 2-4 rumah tergantung level stamina dan ke-BU-an. ART PP di satu area biasanya berasal dari daerah yang sama dan ngontrak petakan juga masi di sekitar satu sama lain. Makanya jangan heran kalau baper kenapa rasanya susah banget nyari ART (terutama yang PP) ga ada melulu, sementara mamah satu RT yang ARTnya sama-sama pulang gak balik lebaran kemaren sekarang udah dapet lagi.  Itu jelas karena referensi PBB. 

A: "Ibu tempat aku kerja bilang temennya nyari mbak-mbak cuci gosok juga, tuh."
B: "Rumah yang mana yang nyari?"
A: "Itu yang deket kelurahan. Pager putih, mobil merah, ada pohon mangganya."
B: "Ah gak mau. Si C tahun lalu disitu, baweeelll banget ibunya. Salah melulu kerjaan. Capek ati, ah."
A: "Eh, mosok?"
C: "Iyoo. Mana mesin cucinya rusak pengeringnya, meresin satu-satu aku. Padahal wuihh cucian bajunya buanyakk, anaknya cuma tiga tapi bajunya cuci-ganti berapa kali sehari."

And so there goes your name off the recommendation sheet....

gambar dari sini

Pernah juga gue dapet ganti berdasarkan 'referensi'. Jadi ART yang lama gak balik karena mau urus ibunya yang udah sepuh. Gue minta ada gantinya. Datenglah penggantinya, cuma nego gaji dan nanya selintas. Giliran kerja dapet dua minggu, eh mulai nagih...
 
ART: "Bu, kok saya nggak dapet XYZ? Mbak yang lama katanya suka dikasih sama Ibu."
(lah, jaman yang dulu gue titipin bocah pas harus liputan meneng bae, yg ini manyun gara-gara telat ke kerjaan berikutnya.)

ART: "Katanya dulu tiap x bulan gajinya naik bu? Kok ini tetep?"
(...padahal kerjaannya jauh rapihan yang lama. Mana kudu disuruh-suruh pula, bersihin dapur, bersihin atas, dsb. Ga nyuruh = ga perlu dikerjain -_- ...) 

Pengalaman gue yang terakhir, pasca Mbak Lama pulang, setahun pertama gue pakai mbak yang nagihan diatas, setahun berikutnya no ART. Mbak Nagih bilang abis lebaran anaknya mau sekolah disini, jadi pagi nggak bisa kerja lagi di slot pagi. Gue ngebatin, oh, ya kebeneran gue juga bosen liat muka lu kenceng mulu kerja dimari. 

Kali ini gue nggak minta kiriman pengganti, tapi somehow abis lebaran dateng beberapa temen sekampung mbak Nagih (which is sekampung juga ama mbak Lama sebenernya), yang bikin gue bengong karena tahu-tahu rate-nya naik 50%. Mana gue gak tau pula kerjanya kayak apa, kan. Ada juga yang nawarin anaknya, umur sekitaran 15-16 tahun (ngerti kerja nggak? bakalan mainan hp mulu nggak? kolokan nggak kalo diajarin kerja?). Ada juga yang katanya ex ART Olga sampai meninggal (widiww, mesti gue gaji berapa dong?? bakal dibandingin nggak gue yang apa-apa terbatas sama Olga yang murah hati ngasih dan ngoleh-olehin ini itu?). 

We ended up maidless for the rest of the year.

Tahun berikutnya si Mbak Lama balik lagi, dan bilang mau kerja lagi, gaji gapapa cuma naik dikit dari terakhir. Cus, lah, bungkus. Kapan lagi ada ART yang jago bikin masakan Korea, kan? Pas start kerja, keluarlah itu cerita tentang si mbak Nagih selama kerja ama gue.

Ternyata setahun kerja disini, yang ada tiap berapa waktu dia telpon melulu ngeluh ke mbak Lama kenapa dia nggak dapet inainu kayak mbak Lama. Jadi ceritanya ke mbak Lama ngeluh, ke gue nagih. Panteeesss kerjanya macem ga ikhlas gitu. Gue rasa bisa tahan setahun, ya, karena tiap-tiap dipukpuk si mbak Lama :)).


Oh, well, balik ke soal referensi, udah klir ya sekarang bahwa ga dapet-dapet ART, apalagi di periode persis habis balikan lebaran, could mean you're blacklisted. Coba nyarinya dari circle ART yang lain. Misal kalo tinggalnya di Bintaro, minta tolong cariin via temen yang di Depok. Tapi ini buat ART yang nginep, ya. Kalo PP, sih, banyakin doa aja :D.

No comments: