Thursday, May 28, 2015

Harus Apa Ketika: Kulkas Rusak

Dua-tiga minggu lalu, tanpa babibu sebelumnya, pagi-pagi tau-tau nemu freezer kulkas mencair semua isinya. Baru ketahuan karena lebih sering buka kulkas bawah dan nggak ada indikasi apa-apa. Pikiran pertama tentu telpon servis resminya, ya. Tapi kepikir juga jangan-jangan kerjaan bocah, nih, semalem nggak rapet nutupnya. Walo kayaknya nggak mungkin juga soalnya alarm kulkas nggak bunyi. Iya, kulkas gue akan bunyi tit-tit kalo kebuka dalam selang waktu tertentu. Bagus buat yang punya bocah, nih, ketauan kalo ada yang mainin kulkas..hahaha.

gambar dari sini via google, tapi ini exactly kayak apa yang dilakukan tukang servis kemaren.

Belakangan (baca: sejak berminggu-minggu lalu -_-) D4 emang kerjaannya nongkrong di depan kulkas. Ngisis. Ya maklum siihh, disini nggak ada AC, tapi kan ya gak gitu juga kalee *sigh. Ketimbang tengsin nelpon teknisi tapi taunya cuma gegara nutup kurang rapet, gue putuskan untuk nunggu aja barang beberapa jam. Biasanya klo pintu udah nutup bener, selang 3-4 jam pasti udah kelihatan proses pembekuan.
Pas sampe sore nggak membaik juga, baru gue panik. Karena itu berarti frozen food sudah masuk lampu kuning. Sayangnya nomor telpon CS ada jam kerjanya. Untuk brand yang gue pake, cuma sampai jam 7 malem, dan udah lewat. Susah tidur, deh, malem itu -_-.

First thing in the morning, gue langsung telpon CS daaann...dapet advice buat coba matiin dulu kulkas sejam terus nyalain lagi dan liat apa ada improvement...... Alah maakk, ini udah deg-degan jaga kulkas biar setidaknya awet dingin meski freezingnya error, lah kok malah disuruh matiin T.T. Tapi, ya, gue kerjain juga, sih, abis itu. Cuma memang gue tetep keukeuh minta teknisi dateng dalam hari itu juga. Untungnya bisa diselipin, dengan bantuan kakak Mumu :D.

Next thing to do, kabur cari es balok! Mau ga mau ini frozen stuff kudu dijaga dingin walo nggak freezing, dan mesti di luar kulkas karena asumsi gue kulkas bakal dibongkar. PR deh tuh karena gue nggak punya bak-bak cuci yg lebar-lebar kayak punya emak. Cuma punya satu bak mandi bayi, dan itu penuh sama printilan dapur yang males banget kalo kudu mindahin. Don't ask why bak mandi bayi isinya printilan dapur, ya. Just accept that for the sake of the universe.

Tanya sana-sini alhamdulillah dapet tempat tukang es balok, dan ternyata termasuk injury time karena bukanya cuma sampe jam 12 siang. Kalo tadi gue ngurusin ini-itu dulu pasti kelewat, deh. Sambil ngurusin es balok gue sambil mikir bakal diwadahin apa ini es balok plus frozen food satu freezer sekitar 100-150L volume? Sempet mau nitip tetangga sampe servis kelar, tapi kulkas tetangga depan lagi penuh dan tetangga yang punya Deep Freezer lagi ga difungsiin. Untung terus dapet ide buat masukin ke.......mesin cuci :D.

Kerjaan nyervisnya pun ternyata lumayan lama. Dari abis Jumatan sampe jam 5 sore, dan itu si frozens belum juga bisa langsung masuk, masi kudu nunggu sejam-an lagi biar stabil suhunya.

Anyway, rusaknya kenapa? Turns out, ada pipa di bagian belakang yang bocor halus gara-gara lumer kepanasan karena posisi kulkas terlalu mepet ke tembok jadi nggak ada pergantian udara. Padahal kulkas gue udah nggak terlalu mepet tembok itu karena ada semacam tonjolan di tembok yang bikin nggak bisa terlalu nempel. Well, however, lesson learnedA bit hard though, for 525rb. Tapi itu udah murah ketimbang harus ganti kompresor, which gonna be...minim 2 juta. 

Good thing kulkas itu dulu gue pilih karena pasang garansi 5 tahun khusus kompresor. Dan kemaren sekalian gue kroscek ke mas servisnya gimana kondisi kompresornya, dijawab masih bagus banget karena kualitasnya sama kayak yang dipake kulkas dua pintu nyamping yang harganya puluh-puluh itu *jogedlambada *ketauanumur *anaknyagaksukadangdut.

To sum things up:

1. Gak usah nunggu, begitu error langsung telpon CS. Disitu bisa langsung dapet advice apa yang harus dilakukan as prologue, dan bisa diskusi kemungkinan-kemungkinannya. 
Kayak kemaren gue suspect gara-gara dimainin bocah, ternyata sebenernya itu nggak mungkin. Padahal gue keburu delay nelpon gara-gara itu, dan hasilnya makin lama frozen stuff dalam kondisi nggak beku.

2. Minta prioritas dalam kunjungan tukang servis. Kalau bisa minta dalam hari ini karena yang rusak kulkas. Gue nggak tau kalau gue nggak spesifik minta harus hari ini juga, apa otomatis tetep diprioritaskan.

3. If you have a big fridge (mine is about 458L), have a thought mau dikemanakan isinya kalo sampe rusak dan perlu dikosongkan atau diservis mendadak.

4. Kemaren gue nggak pindahin isi kulkas bawah, cuma yang di freezer doang. Tapi pastikan kulkas nggak banyak dibuka tutup. Selama suhu dalemnya terjaga, walau posisi mati masih ada spare time sebelum suhunya sama dengan suhu ruangan.

5. Simpen nomer telpon ato info tempat tukang es balok dari sekarang! Biar nggak perlu pusing nyari-nyari dan tanya-tanya dulu kayak gue.
FYI harga es balok kemaren sebalok gede sekitar 25 x 25 x 80an cm itu 60rb. Gue beli separuh dan minta potong jadi 4 biji ukuran 25 x 25 x 10an cm.

6. Prepare a long service time, my case it was 4 hours straight. Plus another hour buat nunggu suhu kulkas stabil sebelum masukin isi freezer balik.

7. Harga servis tergantung kerusakan. Gue sempat ditawarin mau langsung dikerjain atau nggak usah dulu? Tapi gue pikir, ini kulkas, ya, bok. Mana isinya lagi penuh. Kalo nggak beres sekarang terus mau kapan lagi? Nasib isinya gimana? Ditotal ya bisa lebih dari 500rb itu segala stok-an daging, salmon, bumbu saus ini itu.
Yakalok hape, mah, masi bisa milih tempat servis. Masih bisa pending servis ato tuker aja kartunya ke hape lain dan yang rusak masih kapan-kapan aja dibawa ke servisan. Yasudlah, cus gue bayar. Buru kelar buru masuk lagi barang-barang gue. 

Kurang lebih itu poin-poin yang gue inget. 
Semoga nggak ada yang kulkasnya tau-tau rusak kayak gue. Dan kalo pun ada, semoga udah baca tulisan ini duluan buat siap-siap :D.

No comments: