Wednesday, April 5, 2017

Di Balik Makna Doa Untuk Orangtua

Tulisan ini rada reposting. Udah ada disini tapi entah kenapa versi pendek yang nampaknya udah gue edit. Thanks to Ariemega who had just brought this up.

Asalnya banget ada di http://kirana21.multiply.com/journal/item/111/Doa_Untuk_Orang_Tua. Memory bener dah ini multiply..haha.

Doa Untuk Orangtua

Nov 9, '08 8:40 AM
for everyone

Gue lagi terharu.
Darris udah mulai bisa doa untuk orangtua walo masi belepotan.

Kayaknya jadi orangtua itu superior yah. Bisa dikirimin amalan yang membantu masuk surga salah satunya dengan didoain anak.

Seperti hadits dibawah ini:
Rasulullah SAW bersabda :
“Apabila seorang anak Adam meninggal, maka akan terputus amalannya kecuali tiga perkara : shadaqoh jariyah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang mendoakan kepadanya”. (Hadits Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu).

Tapi kalo dicermati, ternyata doa untuk orangtua itu justru merefleksikan perlakuan kita kepada anak.

Doa dalam huruf latin berbahasa Arab :
ROBBIGHFIRLII WALIWAALIDAYYA WARHAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIROO

Artinya dalam Bahasa Indonesia :
“ Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa ayah ibuku, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku sewaktu aku masih kecil ”
(http://organisasi.org/doa-untuk-kedua-orang-tua-do-kepada-allah-swt-dalam-agama-islam)

Perhatikan kalimatnya: "...sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku sewaktu aku masih kecil...".

Kelak (atau mungkin dari sekarang ya..) gue ingin diperlakukan bagaimana oleh anak-anak gue, tergantung dari bagaimana gue memperlakukan mereka sekarang ini.

Lebih ngeri lagi kalimat "...sayangilah mereka...", anak meminta kepada Allah, supaya Allah menyayangi kita seperti kita menyayangi anak-anak kita.

Apa yang terjadi bila kita tidak memperlakukan anak dengan baik?
Apa yang terjadi bila kita menyakiti hati anak, yang sekiranya terbawa sampai kelak dewasa?
Apa yang terjadi bila anak sampai merasa diabaikan?
Apa yang terjadi bila anak merasa haknya tidak terpenuhi?
Apa yang terjadi bila anak merasa tidak disayangi?
Ya seperti itulah cermin 'rasa sayang' Allah kepada kita.
Cukuplah buat gue untuk berpikir ulang bagaimana memperlakukan anak-anak gue.

Islam itu adil.
Segala sesuatu akan ada balasnya, baik maupun buruk.
Gue sangat meyakini itu.

Semoga kita dijauhkan dari hal-hal yang buruk, jahat, bathil, dan fitnah.
Amin.

No comments: