Wednesday, June 24, 2015

Kenapa ASI Untuk Anak Kedua Lebih Gampang: Part I

Banyak calon mama dua anak (dan mama satu anak juga) yang nanya sama gue, apa ngASI anak kedua akan sesusah pas anak pertama yang (kebanyakan) full of struggling. Jawaban gue: Enggak. Justru yang gue lihat, banyak mama yang akhirnya bisa 'menebus' apa yang mereka fail to achieve (kalo pake ukuran achievement, sih, ya) pas anak pertama.

Misal, nih, ade gue sendiri. Anak pertama lumayan sukses ngASI sampe 23 bulan. Tapi nyusuin langsungnya pakai nipple shield. There's nothing wrong with nipple shield if it helps overcoming breastfeeding problems alias nyelesaiin masalah tanpa menambah masalah. Kebetulan di ade gue begitu. Problem dia adalah pain tolerance yang rendah, jadi nggak tahan sakitnya di awal-awal nyusuin itu, lho. Nipple shield bantu untuk ngurangin sakit itu.


gambar dari sini


Pas anak kedua, nih, karena udah paham caranya nyusuin dan tau rasanya, tau what to expect, dia jadi bisa lebih nguatin mental. Yang di anak pertama dia ngerasa sakitnya nggak cepet berlalu *emangnya kemesraan?!*, di anak kedua lebih yakin klo semua akan indah pada waktunya *tsaahh*. 

Hasilnya, ya, ternyata emang bisa tanpa nipple shield. So far anak kedua udah setahun lebih dan masih terus menyusu. Waktu gue tanya "emang ga sesakit pas anak pertama?", dia bilang sakitnya, sih, sama aja tapi udah beda mental dan beda skill.

Breastfeeding is like riding bicycle or swimming kinda skill. You won't easily forget once you master it. Walauuuu...beda bayi bisa beda karakter dan cara handlingnya. Ya sama juga, sih, kayak naik sepeda ato berenang. Kalo udah bisa naik sepeda mini, giliran mesti naik sepeda balap mesti adjust lagi, kan? Naik sepeda lipet juga beda lagi. Apalagi naik sepeda roda satu :D. Bisa berenang di kolam 1,5 meter, di 2 meter mesti belajar lagi. Di sungai sama laut beda lagi. Tapi basic-nya berenang udah kepegang.

Intinya:
- pas anak pertama, mama dan bayi sama-sama belum pinter, dua-duanya mulai belajar dari nol.
- pas anak kedua dan berikut-berikutnya, mama sudah pinter tapi bayi mulai dari nol.

Jadi apa bedanya menyusui anak pertama dan berikutnya? Yang sama aja dulu yang dibahas, ya. Yang sudah pernah (setidaknya mencoba belajar) menyusui, apalagi yang udah sukses nyusuin anak pertama, mestinya:

  • Udah tahu 'rasa' menyusui.
For a new mom, pertama menyusui itu rasanya awkward. Banget. Organ yang tadinya geuleuh disentuh, apalagi selama hamil berlipat sensitivitasnya sampe pengen nabok yang nyenggol, pas bengkak karena ASI bikin pengen bacok, tapi...mesti dikenyot dengan ganas oleh mahluk kecil ini. Kalo enggak dia bisa mati nggak makan. Yes, that's literally what new mom thought about baby vs breastfeeding.

Perlu diketahui, setiap awal menyusui anak keberapapun pasti puting akan sedikit lecet dan terasa perih/nyeri. Tapi ini akan ilang paling lama 2-3 bulan. Anak ke-x makin cepet ilangnya, karena eventually you are getting used to the feeling.

So, yes, you will have to get thru that discomfort and maybe pain again, but I promise this time it will be over faster than it was.

  • Udah tahu cara gendong/memposisikan bayi untuk memudahkan ngASI.
Anak pertama mah boro-boro nyusuin, gendong aja kagok. Apalagi mesti gendong, posisiin bayi, plus 'melawan' gerakan bayi yang somehow justru menjauhkan mulutnya dari puting, padahal lagi laper! Belum lagi tiap sukses nge-latch satu kenyotan, eh, lepas terus jerit-jerit lagi! Mulai lagi dari nol posisiinnya. Repeat that by seventeen times without success maka nangislah bareng-bareng mama sama bayinya :D *yes, been there done that too.. :P.

With the next baby, make that seventeen turn into...yahh, 6-7 kali, deh, di anak kedua. Dan makin menurun angkanya di anak selanjutnya. *did I just hear someone 'phew'-ing?*
And if you were like me blessed with a fourth baby, you will succeed in just one hap :D.

  • Udah tau posisi menyusui yang enak dan gimana cara atur supaya dapet posisi enak itu.
Masih nyambung dengan poin sebelumnya, with the second baby you usually will already know cara nyusuin dengan berbagai posisi. Mau sambil duduk, sambil tidur, sambil nyelipin bayi di carrier ato wrap, sambil pake apron, bahkan kadang sambil nongkrong di toilet, sambil makan, atau sambil nyetir! *yes, I know someone who can do that! With a bit older baby though :D.*

Intinya you already know how to do the twist and manage to keep breastfeeding while doing other things.

  • Udah tahu perlekatan yang bener kayak apa dan cara dapetinnya.
Udah ahli gendong plus sukses masukin puting ke mulut bayi, bukan berarti perlekatan udah bener. Kebanyakan yang ada bayi cuma ngempeng puting, bukan nyusu dengan menekan (istilah yang lebih tepat sebenernya 'memijat') areola. Apesnya lagi, banyak new mom nggak sadar kalo perlekatan salah sampe puting sudah lecet parah dan ada masalah di pertambahan berat bayi.

Caranya? Lebarkan mulut bayi dengan menekan dagunya kebawah sampe mentok, terus arahkan puting ke langit-langit mulut bayi instead of ke arah tenggorokan. Umumnya dengan cara ini lebih sering sukses dapet full latch on.


  • Udah tahu beda menyusu dan mengempeng.
Bayi nyusu karena lapar, dan ngempeng karena cari kenyamanan. Jadi pastikan kasih apa yang dia butuhkan. Kalau bayi maunya ngempeng tapi ditawarin payudara yang penuh, biasanya jadi rewel karena pada dasarnya memang dia udah kenyang. Bayi yang nggak terlalu defensif akan tetep nyusu walau sudah kenyang, tapiiiii...terus muntah karena lambungnya kepenuhan. Kerjaan lagi, deh *phiuuhh*.

Yang bisa dilakukan? Beri payudara yang kosong untuk ngempeng kalau memang kira-kira bayi sudah kenyang nyusu banyak sebelumnya. Kecuali kalo memang masanya growth spurt, ya.

***
Masih ada yang lain, lho. Bersambung ke Kenapa ASI untuk Anak Kedua Lebih Gampang: Part II.

No comments: