Friday, June 26, 2015

Kenapa ASI Untuk Anak Kedua Lebih Gampang: Part II

  • Udah tahu tanda bayi lapar dan kenyang.
New moms sering nggak sabar melepas isapan bayi yang kelihatannya sudah tertidur. Padahal selama bayi belum melepas sendiri, memaksa melepas malah bikin bayi melek lagi. Nggak nangis yang bikin full alert aja udah mendingan karena masih bisa ditidurin lagi. Kalau sampe bangun beneran, dadahbabay deh kerjaan yang mau disempetin beresin. 

Bayi sebetulnya jarang nggantel alias nggak ngelepas-lepas nyusu sampe berjam-jam sejak dia mulai merem. Nggak lama dari merem biasanya akan dilepas sendiri. Karena makin lama dia ngenyot, makin banyak ASI masuk ke perutnya, makin gak nyaman tidurnya. Jadi kalo emang bukan lagi growth spurt, biarin aja sampe dia lepas penyusuan sendiri. Kalau lepas sendiri biasanya tidurnya juga lebih lama.

gambar dari sini

  • Udah tahu ciri growth spurt.
Growth spurt banyak diterjemahkan sebagai "produksi ASI kurang karena bayi seperti lapar terus", nggak kenyang-kenyang karena nggak mau lepas dari puting, dan jam tidur berkurang. TETOT, salah. Well, yah bagian nggak mau lepas dari puting dan jam tidur berkurang bener, sih. Tapi bukan karena produksi ASI kurang atau berkurang, malah justru in process buat nambah produksi.

Dengan growth spurt bayi akan memaksa ASI tersedot terus-terusan, in turn jadi berproduksi terus, lebih banyak dari biasanya, dan level produksi yang baru ini akan cukup untuk bayi yang juga makin besar.

Nah, kalo udah tahu soal growth spurt, otomatis nggak akan mikir ASI kurang dan bikin stres yang malah mampetin ASI.

  • Udah tahu ukuran kecukupan ASI dan warna pup yang berhubungan dengan masalah saat menyusui.
Iyes, salah satu mata pelajaran yang nggak boleh bolos waktu pertama punya bayi adalah matpel perbandingan tekstur dan warna pup bayi. Kalopun bolos, wajib punya contekannya. Karena beberapa ciri diantarannya, seperti keadaan dimana tekstur dan warna pup bayi seperti cacahan daun hijau, kadang artinya ada ketidakseimbangan antara foremilk dan hindmilk yang diminum bayi. Tepatnya kebanyakan foremilknya.

Buat yang udah apal ato seenggaknya udah punya contekan tentang ini juga bikin hidup lebih tenang karena tahu apa penyebab dan solusinya. Nggak asal percaya dibilang,"ASImu basi makanya pupnya jelek!"

  • Udah tahu di titik mana yang harus ditekan saat memerah ASI.
Kenapa ini penting? Karena kalo bisa merah ASI sendiri jadi nggak bisa diboongin payudaranya ada isinya ato kosong. Ini salah satu yang bikin mental new mom down juga. Dibilang payudaranya kosong karena keliatan kecil, gak penuh, DAN GAK BISA BUKTIIN kalo sebenernya gak kosong. Coba buat yang udah bisa perah ASI, tinggal pencet ada yang netes mah udah tenang, kan?


  • Udah tahu cara menangani gangguan pada payudara saat menyusui.
Untuk second time mom yang namanya plugged duct, payudara bengkak, mastitis, dkk pasti udah bukan istilah yang asing. Bahkan sudah hafal cara menanganinya, seperti:
- pake kelopak daun kol dingin to soothe the discomfort.
- massage payudara melingkar searah jarum jam ke arah puting sambil terus menyusui meski rasanya ampun kayak disilet.
- minum panadol kalau sakitnya masuk taraf mengganggu.

Plus tahu juga bahwa meski sudah ditreatment, sakit dan bengkaknya baru akan hilang dalam 3-4 hari ke depan, nggak simsalabim.

Pas anak pertama? Blank. 
Begitu payudara bengkak, ASI melambat, bayi jerit-jerit lapar sementara waktu nyusuin sakitnya lebih pedes ketimbang waktu awal-awal menyusui. Belum lagi kalau ditambah badan meriang dan lengan di sisi payudara yang sakit rasanya kayak bukan lengan sendiri soalnya sakit banget digerakin.


In general, poin-poin diatas berarti udah tahu how to take care a baby. Kalo nangis bisa diemin. Kalo rewel bisa tenangin. Udah tahu apa yang bisa diprioritaskan. Misalnya nggak papa nyusu dulu meski terus bakalan tidur padahal belum mandi. Ato justru menunda menyusu setelah mandi biar sekalian bisa tidur anteng dan lamaan.

Deretan kesudahtahuan diatas membantu memotong kekhawatiran ini itu yang bikin new mom makin overwhelmed. With the second baby you are not letting people telling you what's the best to do. YOU ALREADY KNOW. Dan itu berarti mengurangi satu kepusingan (atau menambah satu ketenangan?).

Ketenangan karena udah bisa mengurus bayi akan berpengaruh ke tenangnya si bayi juga. Bayi membaca psikis ibunya. Makin si ibu gelisah, makin gelisah juga bayinya. Dan bayi yang gelisah biasanya lebih susah menyusu.

Terus, yang beda apa dong? Nah, perbedaan yang muncul sebenernya lebih banyak karena subyektifitas bayi. Alias beda bayi, beda orang, beda karakter. Dari pengalaman dan cerita di sekitar gue, ketemunya:

  • Beda anak beda posisi yang nyaman.
Ada anak yang lebih anteng nyusu sambil tidur, tapi ada yang lebih seneng sambil duduk. Ada yang masuk apron tetep anteng, ada yang megap-megap jadi matanya harus tetep kebuka walau cuma sebelah. Ada yang lebih nyaman nyusu dari payudara kanan doang, padahal buat si Ibu lebih susah ketimbang nyusuin pake yang kiri. Mau ga mau jadi cari selahnya buat belajar lagi nyusuin yang nyaman pake yang kanan.

  • Beda anak beda anatomi.
Bisa jadi anak kedua ada lip tie atau tongue tie yang bikin lebih sulit latch-on. Tapi setidaknya si mama sudah tau gimana cara latchingnya. Atau bisa juga beda fisik, yang satu lebih cepet berat dan gede jadi agak repot kalo nyusunya di gendongan, mesti ada penyesuaian yang beda dari pas kakaknya.

  • Beda anak beda tanda lapar dan kenyang.
Ada anak yang begitu kenyang nyusu langsung tidur, tapi ada juga yang meski kenyang tetep nggak tidur dan lanjut pecicilan *bikin spaneng ..hahaha. Ada yang pas laper mulutnya ngecap-ngecap, tapi ada juga yang tangannya diusek-usek ke pipi.

  • Beda anak beda karakter.
Ada anak yang kalo udah keburu laper malah jadi lebih susah disusuin karena jadi agresif. Tapi ada juga anak yang begitu sabarnya, meski laper masih bisa ditunda dengan ngasih mainan atau aktivitas lain. Ada anak yang kalo mau tidur HARUS nyusu dulu, tapi ada juga yang nggak.


Kurang lebih gambarannya seperti itu. Gampang, kan? Yakin bisa sukses dong ngASI anak kedua, ya!

No comments: