Friday, June 19, 2015

Lulus Toilet Training Ke-4

Ada nggak, sih, bedanya toilet training (TT) alias tatur kalo orang Jawa bilang, pada anak pertama dan keempat? Jelas ada, dong. Kayak yang ditulis Amel di blognya inimakin banyak anak bawaannya emang makin santai. Sesantai apa, itu tergantung lingkungan baik di rumah maupun pergaulan si Ibu *tsah.

Kalau di rumah nenek-kakeknya mulai ribut kapan dilatih plus wejangan kalo jaman dulu dari bayi udah mulai ditatur tiap dua jam sekali ke kamar mandi, ya, jadi terintimidasi. Di pergaulan, kalo gaulnya sama sesama ibu-ibu beranak satu yang berdedikasi dan kompetitip, dimana bayi-bayinya udah dipipisin sejak usia 3 bulan dan sukses di 9 bulan sedangkan bayi kita 11 bulan masih enjoy dan lempeng pempesnya full pup, ya terintimidasi juga ..hahaha.


gambar dari sini
*nggak, sih, nggak begitu juga cara gue TT-in :D


Pas anak pertama pressurenya berasa banget seakan kalo kita nggak tekun ajarin sedari dini, maka pada saatnya nanti anak bakalan gak bisa apa-apa. Nightmare banget itu buat orangtua, apalagi emak-emak (baca: gue, sih :D) kalo sampe gede anaknya tetep kudu disuapin, gak lulus TT, gak bisa cebok sendiri, kemana-mana masih pempesan, masih gendongan, dsb.

Been there done that, setres kenapa anak orang apa-apa cepet bisa sedangkan anak sendiri gak bisa-bisa. Dan lupa kalo mungkin emak si anak juga beda ketekunan dan konsistensi pas melatih. Apalagi kalo model emaknya kayak gue yang moody dan pundungan soal ngajarin anak ini itu, makin setres karena sambil mangkel sama diri sendiri juga.

Akhirnya yang ada dobel setresnya, emaknya setres, anaknya setres juga karena dipaksa berlatih diluar jam biologisnya. Iya, kesinian banyak baca parenting ina inu jadi tahu bahwa kematangan tiap anak terhadap suatu milestone/kemampuan fisik atau psikis bisa beda-beda. Anak yang bawaannya gampang risih dan jijik akan lebih cepet menunjukkan tanda pipis atau pup ketimbang kebanyakan anak. 

Ini pun kudu ditunjang orangtua atau pengasuh yang jeli memperhatikan tanda-tanda ini. Kalo kelewatan bisa jadi anak yang tadinya mau pipis/pup ada tandanya, belakangan jadi cuek nggak ada tanda apa-apa walo diapernya penuh sekalipun.

Nah, gue kayaknya gabungan dua problim ini, deh. Ya, emaknya nggak jeli, ya, anaknya anteng-anteng aja mau pipis ato pup. Nggak seheboh anak yang emang risihan. Jadilah TT-nya lama bet. Tapi meski lama, makin mendekati usia biologisnya makin cepet prosesnya. Dan pastinya less stress, ya.

Target umum gue untuk TT sebenernya cuma 'bisa BAK dan BAB secara mandiri termasuk buka tutup celana/pakaian dan cebok sampai bersih di usia 4 tahun' dimana mereka akan masuk TK. Bisa ke kamar mandi sendiri sudah memperkecil kesempatan orang asing perlu menyentuh bagian pribadi anak, walaupun itu guru sendiri.

Udah kapok berlama-lama dan beribet-ribet ngajarin TT dari setahunan pas jaman D1 dan D2, pas D3 dan D4 baru mulai di usia hampir 3 tahun. D3 dengan target lulus TT sebelum D4 lahir (mereka beda persis 3 tahun), dan D4 dengan target supaya umur lulus nggak jauh-jauh amat dari D3 *target macem apa itu, cih!

Dan bener, lho, D3 sempet proses sekitar 3-4 minggu mulai sekitar sebulanan sebelum adiknya lahir. Tapi gagal, jadi gue mundur balik ke pempes dulu karena sekitaran lahiran pasti ribet banget dan yang megang dia bakalan bukan gue sendiri. Pas udah ribet ngurus bayi dan pasrah, eh, dua bulan lewat ultahnya yang ke-3 tau-tau bisa sendiri pipis dan pup sekaligus copot-pakai celana.

Hampir mirip prosesnya sama D3, D4 di tiga tahun kurang sudah mulai TT semingguan dan gagal. Alias lebih banyak keduluan ngompol atau pup baru nunjukin genangan ompolnya *sigh. Terus gue stop. Coba lagi selang sebulanan, eh, tiga hari langsung lumayan lancar. Setidaknya di hari ketiga itu udah full ga kebobolan pup walau masih sekali kebobolan ngompol (1 of 3-4 times). Salah satu bukti "semua indah pada waktunya" kali, yaa, hahaha.

So that's all the story on how I earned my "4x Toilet Trainer" Diploma. How about yours?

2 comments:

ingga umnad said...

lulus klo di rumah, belom berani emaknya klo pas pergi jauh2, klo cuma anter jemput abang2/kakak nya siy boleh laah..

utk target sama siiy, minimal msk sekolah udah beres urusan ke kamar mandi, berhubung anak ke 4 mo skip PG nya, jadi yasutralaah..:))

*kompetitifnyaudahbedalevel* wkwkwkwk

Unknown said...

Iyaaa...pegi2 mah cari gampang laahh. Bukan masalah ngompolnya kan kalo pergi, tapi apa ada toilet yg proper dan DEKET buat anak kicik mau buru2 pipis ato pup. Tapi yg udah2 sih pempes tetep kering soale pas kakak2 digiring pipis dia jg ikut.

Kita mah kompetitip jd yg paling males aja lah. Ini liburan duduk2 yg masak bocah niihh. Lha klo gak dikasi kerjaan yg ada rewel mulu katanya bosen. Yasud tak kasi 3 buku masak buat dibaca2 hiahahaha...giliran minta dibeliin bahan kayak di buku emake mumet :p.