Monday, May 9, 2016

Belitung Trip: Pre Departure.

Awal ditawarin trip nonton gerhana matahari di Belitung, saya berbinar-binar banget. Saya memang pengen banget mengulang nonton gerhana seperti pengalaman waktu kecil tahun 1983 *ketauan umur, deh*. Tapi di sisi lain, saya juga nggak yakin bisa dapet kesempatan ini. Karena tawarannya adalah "dibutuhkan 8 orang blogger" blabla. Nah, daku mah apa atuh dibanding temen-temen lain yang dapet tawaran yang sama. Apalagi kalo yang ditawarin banyak dan diseleksi lagi. Semacem mimpi di siang bolong juga buat saya, yang udahlah mamak-mamak rumahan, anaknya banyak, nggak ada pembantu. Hari-hari mau pergi ngurus atau beli sesuatu aja rempong, apalagi ikutan trip 3 hari 2 malem. NGGAK MAU NGIMPI LAH POKOKNYA.

Ya, tapi.. saya tetep ajuin data yang diminta, sih. Namanya ikhtiar, yekaaann :D:D. Itu pun saya baru bilang si Ayah pas masukin data, bukan pas awal ditawarin. Bukannya takut nggak boleh, tapi saking nggak yakinnya aja. Awalnya agak shock juga, sih, dia. Tapi saya berulang kali bilang kalo ini belum tentuuu, siapa tahu yang ikut banyaakk, terus nggak kesariiing dsb. (Saya juga bilang, sih, bisa aja trip ke Belitung diganti kapan-kapan. Tapi apa bisa gerhananya diganti kapan-kapan juga? :D #intimidasi).

Komunikasi dengan pihak EO juga sayangnya rada minim, ya. Jadi kita, nggak cuma saya tapi juga teman-teman blogger yang sama-sama masukin data, bertanya-tanya juga, ini jadi apa nggak, prosesnya udah sampai mana, harus siapin apa, dst. Sampai somehow mereka juga berasumsi kalau mungkin tripnya nggak jadi karena ada sebulanan nggak ada komunikasi sama sekali dari pihak EO, dan pastinya kalau ada event langka berkelas dunia *tsahh* gini yang namanya tiket sama penginapan 'kan ludes kalau udah mepet tanggalnya.

Suddenly tanggal 2 Maret (iya, seminggu banget sebelum hari H, kak!), pihak EO kontak kita lagi dan memastikan kalau tripnya jadi. Dapet surat perjanjian, daftar timeline socmed/blog posts, dan kepastian bahwa penginapan dan tiket sudah dibooking. LAH??

Tanggal 4 saya baru inget bahwa data pribadi yang saya setor pertama kali dulu, yang saya copas dari SKK informal beberapa kerjaan yang pernah saya jalani sebelumnya, nggak pakai nama sesuai KTP. Yakeles, terakhir pakai nama KTP itu jaman absen kuliah. Sejak kerja, apalagi menikah saya pakai nama panggilan plus nama suami, terutama di akun media sosial. 

Waktu itu asli nggak kepikir bahwa data mentah itu langsung dijadiin dasar pesen tiket tanpa konfirmasi ulang ke kami. Saya juga menganggap kalau memang jadi dan dipesenin tiket, pasti bakalan dimintai scan atau foto KTP 'kan? Seperti prosedur biasanya pas beli tiket 'lah. Saya sampaikanlah masalah itu ke pihak EOnya dan minta mereka memastikan itu bisa diurus supaya saya pasti bisa berangkat. Males nggak, sih, naik flight pertama, sebelum subuh elu udah sampai bandara terus ternyata elo gagal berangkat dan kudu pulang lagi?

Dan yaaaa....memang itulah yang terjadi! Tanggal 8 dari subuh udah di bandara dan cengo' nunggu pihak travel dan EO ngurusin apaan tau, belakangan baru bilang bahwa.....tiket saya belum diganti nama sesuai KTP dan lagi diurus. Bok, ya, gak ada sejam lagi berangkat, loohh.

Akhirnya in the last minutes semua bisa masuk ke pesawat.....untuk ditendang keluar lagi, khususnya saya dan 2 teman segrup.... Sisanya alhamdulillah berangkat dengan lancar.

Salut dengan pihak Sriwijaya Air yang tegas mematuhi prosedur saat nama KTP penumpang nggak ada/nggak sama dengan manifest penerbangan. Saya sendiri nggak bakalan mau berangkat juga dengan cara seperti itu. Kalau sampai ada apa-apa, saya nggak bakalan dapat asuransi karena nama di manifest nggak sama dengan dokumen pribadi.

Pihak EO dan travel menjanjikan kami ikut flight berikutnya. Tapi saya skeptis, semua flight pasti penuh menjelang gerhana matahari total yang katanya cuma 300 tahun sekali. Dan memang saya sempat lihat ada beberapa penumpang bule-bule gitu yang nampaknya jurnalis. Meski skeptis, karena saya juga nggak ada kerjaan lain, ya, sudah saya tunggu aja sampai mentok bakalan gimana ini. Cuma kepikiran aja karena koper saya udah ikut berangkat ke Belitung.

Foto yang diambil dari seat saya sesaat sebelum pesawat flight jam 15.00 berangkat.

Flight kedua penuh. Yaiyalah.
Flight ketiga, lewat juga. Alamat pulang, nih, saya.
Sekitar jam 10-11an kami baru dapat kepastian dapat seat di flight jam 15.00an.
Antara alhamdulillah sama kesel juga karena itinerary di Belitungnya kan tetep jalan. Dan hari itu main itinnya adalah pergi ke sekolah Laskar Pelangi sama Museumnya. Kesel, kan?

Tapi, ya, sudahlah. Sekarang yang penting berangkat dulu seperti niat semula.
Jujur saking nggak jelasnya awal plan trip ini, kami semua sempat mikir yang penting nyampe dulu disananya, kalau perlu siap-siap uang ekstra buat penginapan sama flight balik kalau ada masalah.

Alhamdulillah selain yang saya sama 2 teman alami ini, nggak ada masalah lain di belakang. Saya juga tegasin lagi kalau memang akhirnya kami bisa berangkat ke Belitung, pastikan tiket baliknya semua udah bener biar nggak ada lagi masalah yang sama saat pulang.

Aaannddd...the trip finally beguuunnn, yeeaayy!!! *lempar floppy hat tinggi-tinggi*. 

Beaachhh...I'm comiinggg!!!

2 comments:

ingga umnad said...

ikut degdegaaan bacaaaanyaaaa :D .. n jadi pelajaran bgt tuh yaah klo dimintai data kasih data yg benar paling ga sesuai sama KTP, soale aku jg kadang2 suka pakai nama sosmed aja siiy hihihi..ditungguuu cerita selanjutnyaaah

Unknown said...

iyaaa...namapun kurang pengalaman ya kaakk..
temen travel blogger si Chika Nadya mah katanya udah sering begini karena nama ktp sama nama socmed jg beda. jadi otomatis begitu ada tawaran trip dia tanpa diminta langsung setor foto KTP. lah eike mana kepikiiirr